Lasro Marbun: Sumut Peringkat Keempat Pencegahan Korupsi Secara Nasional

Lasro Marbun: Sumut Peringkat Keempat Pencegahan Korupsi Secara Nasional

topmetro.news Pencegahan korupsi, Provinsi Sumatera Utara terus mengalami perbaikan dan perubahan. Alhasil menduduki peringkat keempat secara nasional. Keberhasilan ini sekaligus menghapus stigma negatif Sumut sebagai provinsi terkorup.

Hal tersebut, tidak lepas dengan komitmen Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah, yang sejak awal memimpin Sumut, menyatakan perang terhadap korupsi.

Inspektur Daerah Sumut, Lasro Marbun mengungkapkan bahwa sejalan dengan kondisi tersebut, pelayanan publik juga semakin membaik. Bahkan yang awalnya berada di zona kuning, kini Sumut sudah berada di zona hijau pekat.

“Predikat provinsi terkorup sudah sangat jauh dibanding pencapaian Pemprov Sumut saat ini. Tahun 2022, Sumut menjadi peringkat nasional strategi pencegahan korupsi nomor empat secara nasional. Begitupula pencegahan monitoring korupsi, Sumut masuk ke dalam 10 besar,” ucap Lasro, kepada wartawan di Kota Medan, Rabu 26 Juli 2023.

Upaya

Upaya pencegahan korupsi yang digencarkan tersebut merupakan upaya dalam rangka menghilangkan stigma Sumut dari ‘Semua Urusan Menggunakan Uang Tunai’ menjadi ‘Sumatera Utara Maju Unggul dan Terhormat’. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemprov Sumut memiliki 36 indikator pendekatan.

“Di antaranya pemerintahan yang baik, antara lain kepatuhan publik, kualitas, pengelolaan keuangan daerah, laporan keuangan daerah, dan pencegahan korupsi. Ini adalah hasil kerja semua pihak, bahwa untuk bermartabat itu tidak basa-basi, tapi nyata terjadi,” ujarnya. Pemprov Sumut terus berupaya melakukan perbaikan menuju ke arah yang lebih baik. Salah satunya dengan cara memberikan kepatuhan pelayanan publik yang akhirnya menghasilkan kualitas pelayanan publik.

Dengan membaiknya predikat Sumut ke peringkat empat pencegahan korupsi dan nomor lima secara nasional untuk kepatuhan pelayanan publik, dan juga zona hijau pekat untuk kualitas pelayanan harapannya bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat sebaik mungkin.

Memberikan kemudahan kepada masyarakat di semua sektor, seperti pendidikan, kesehatan, sosial, perizinan, dan adminsitrasi kependudukan. Sesuai dengan visi dan misi, kata Lasro Marbun, dalam misi itu ada kata ‘bermartabat’ yang bermakna ada kehormatan, kemuliaan, ketulusan, kepedulian, dan perhatian. Lalu visi itu diterjemahkan ke dalam misi yang disebutkan pemerintah yang bersih, dicintai, adil, dan percaya.

“Atas peraihan itu, Pemprov Sumut juga sangat bersyukur dan menghormati seluruh elemen masyarakat yang sudah berkontribusi atas pencapaian. Untuk kebaikan masyarakat Sumut,” kata Lasro Marbun.

Penulis: Erris

Related posts

Leave a Comment